Senin, 23 September 2013

Belajar Gambar – Mempelajari Garis pada Proses Belajar Gambar


Belajar gambar tidak hanya diperlukan bagi orang yang mempunyai bakat seni lukis. Semua orang berhak mengikuti proses belajar gambar. Karena belajar gambar sebenarnya adalah pengetahuan dasar dari mengenal bentuk. Salah satu bentuk yang dapat kita kenal dari materi belajar gambar adalah garis. Saat proses belajar gambar, kita pasti akan diajarkan mengenai garis.

Definisi garis dalam proses belajar gambar bermacam-macam. Pertama, garis adalah gambar dua dimensi yang berbentuk tipis memanjang. Definisi garis yang kedua, garis adalah sekumpulan titik yang digabungkan lalu menonjolakan sebuah dimensi yang dinamakan garis.

Dalam proses belajar gambar, garis merupakan bentuk seni rupa yang dapat mewakilkan visualisasi mengenai sesuatu, kita akan diajarkan filosofi dari garis, yaitu :

1.       Garis Vertikal
Garis vertikal adalah garis yg tegak lurus dengan garis horizontal. Garis vertikal yang lurus ke atas menimbulkan kesan kestabilan sesuatu, selain itu juga menimbulkan kesan kemegahan dan kekuatan.

2.       Garis Horizontal
Definisi garis horizontal yg dipelajari dalam proses belajar gambar adalah garis yg sejajar (horizon) dengan langit bagian bawah berdasarkan pandangan mata manusia. Garis horizontal mencerminkan efek ketenangan dan sebagai simbol dari sesuatu yang tidak bergerak.

3.       Garis Diagonal
Saat proses belajar gambar, kita juga akan diajarkan mengenai pengertian garis diagonal. Garis diagonal adalah garis yang ditarik dari satu titik sudut terhadap titik sudut yang saling berhadapan, sehingga posisinya melintang dari posisi horizontal dan vertikal. Secara filosofi, garis diagonal kebalikan dari garis vertikal, garis diagonal mencerminkan sesuatu yang tidak stabil, sesuatu yang selalu bergerak atau sesuatu yang dinamis.

4.       Garis Zig-zag
Garis zig-zag merupakan garis patah-patah bersudut runcing, dibuat dari gabungan garis vertikal dan diagonal yang disambung sehingga membentuk zig-zag.  Garis zig-zag mengandung unsur gairah yang tinggi, sesuatu yang bersemangat dan pergerakan yang cepat.

5.       Garis pyramid
Garis pyramid mencerminkan stabilitas dan kemegahan. Selain itu garis pyramid juga menunjukkan kekuatan yg massif.

6.       Garis Lengkung
Garis lengkung mengandung unsur keanggunan dan kelembutan.

0 komentar: