Selasa, 03 September 2013

Belajar Gambar

Berdasarkan perkembangan motoriknya, anak  usia 4 tahun sudah mulai bisa diarahkan untuk belajar gambar. Karena pada usia tersebut anak sudah mulai bisa melatih gerakan motorik halusnya. Berikut ini adalah ciri-ciri perkembangan motorik halus anak berusia 4 tahun :

  • Anak lebih mudah mengontrol gerakan memulai, memutar dan berhenti.
  • Anak dapat menuruni tangga dengan berganti kaki.
  • Anak sudah berminat untuk menggunakan pensil dan crayon.

Ciri-ciri dari perkembangan motorik halus tersebut akan lebih sempurna apabila anak mulai diarahkan untuk belajar gambar. Disaat menggambar itulah anak mulai belajar untuk menggenggam pensil atau crayon, melakukan gerakan dimulainya goresan pensil atau crayon tersebut lalu menggerakannya sampai kemudian anak mengambili keputusannya sendiri untuk menghentikan goresannya.

Belajar gambar pada anak usia dini tidak perlu ditargetkan untuk menghasilkan gambar dengan bentuk yang dapat dimengerti oleh orang dewasa atau bernilai seni tinggi. Karena target dari tahapan awal belajar gambar ini adalah hanya untuk melatih motorik halusnya. Sedangkan bentuk gambar yang sempurna lambat laun akan mudah dicapai seiring dengan frekuensi terapi motorik halus tersebut.

Terapi melatih motorik halus secara berkala dengan belajar gambar pada anak ini lambat laun dapat memancing ketertarikan anak pada dunia gambar. Dari sinilah terbuka jalan untuk sekaligus mengasah bakat menggambar anak-anak kita. Agar respon ketertarikan anak semakin tinggi dan semakin cepat pada dunia gambar, ada baiknya orang tua mengarahkan anak untuk mengikuti kursus gambar kepada para pelatih gambar profesional. Dengan cara ini, selain dapat melejitkan perkembangan motorik halus pada anak, dengan cepat juga dapat mengembangkan bakat gambar anak.


Carilah tempat belajar gambar yang secara profesional diperuntukkan bagi  anak-anak, karena pola pembelajaran untuk anak-anak berbeda dengan orang dewasa. Belajar gambar pada anak, selain harus memperhatikan perkembangan motorik dan psikomotoriknya juga harus diwarnai dengan suasana yang menyenangkan. Selain itu, pelatih gambar profesional untuk anak-anak juga lebih faham menghadapi mood anak yang naik turun saat sesi belajar gambar sedang berlangsung.

0 komentar: