Selasa, 10 September 2013

KURSUS LUKIS

Memperkenalkan seni lukis pada anak usia dini sangat  penting untuk merangsang bakat seni pada anak-anak. Penyaluran bakat seni pada anak dapat kita lakukan dengan memasukkan anak kita pada lembaga kursus lukis. Melukis adalah salah satu bidang dari seni rupa yang lebih menonjolkan unsur-unsur warna pada setiap bentuk goresan.

Pembelajaran yang akan didapatkan oleh anak-anak pada lembaga kursus lukis, yaitu yang pertama adalah melatih anak melakukan goresan-goresan. Lembaga kursus lukis biasanya menerima anak untuk mulai belajar lukis pada usia 4 tahun, dimana pada usia tersebut anak sudah bisa melakukan goresan berbentuk sembarang di atas kertas gambar.

Tahapan selanjutnya setelah membiarkan anak berlatih dengan goresan-goresan sembarang adalah mendorong anak untuk melakukan goresan terarah. Pada tahapan ini lembaga kursus lukis akan mulai mengarahkan anak untuk dapat menyambungkan goresan yang satu dengan yang lainnya sebagai rangsangan untuk mengenal bentuk. Lanjut pada tahapan selanjutnya adalah dengan memperkenalkan anak pada bentuk-bentuk sederhana dan mengarahkan anak untuk mengikuti pola dari bentuk yang diajarkan oleh pengajar lukis di lembaga kursus lukis.

Setelah arahan akan pola dan bentuk sederhana itu terbiasa diikuti oleh peserta kursus lukis anak-anak, maka pengajar akan mengajak anak menuju level selanjutnya yaitu memberikan warna untuk mengisi bentuk dan pola tersebut. Pada tahapan inilah dimulainya perbedaan antara seni lukis dan seni gambar. Pada kursus lukis, alat pewarnaan yang dipakai adalah crayon atau cat air. Pada level berikutnya, peserta kursus lukis akan diajarkan bagaimana teknis pencampuran cat air yang baik agar dapat menghasilkan warna yang bagus sesuai dengan pola warna yang dicontohkan. Bila menggunakan alat warna crayon, peserta kursus lukis akan mempelajari teknik gradasi warna yang dinamis yang dapat diciptakan dari goresan-goresan pewarnaan dengan menggunakan crayon.


Apabila tahap demi tahap diikuti dengan baik oleh peserta kursus lukis, akan dapat menghasilkan pelukis muda yang handal dan kreatif. Sebuah lukisan memang akan terlihat lebih sempurna dari goresan tangan seseorang yang secara genetik menurunkan bakat seni tinggi dari orang tuanya. Akan tetapi, berlatih di lembaga kursus lukis dengan tekun dan mengikuti setiap arahan dengan baik juga dapat melahirkan seorang pelukis dengan karya yang tidak kalah berkualitas.

0 komentar: