Kamis, 12 September 2013

LES MEWARNAI

Aktivitas mewarnai adalah aktivitas yang sangat digemari oleh anak-anak. Mewarnai selain sangat baik untuk mengasah kecerdasan otak kanan anak-anak, juga sangat bermanfaat untuk mengasah bakat seni pada anak kita. Dalam dunia seni, mewarnai bukan hanya sekedar aktivitas menggoreskan warna pada media kertas, tetapi mewarnai juga memerlukan teknik khusus. Teknik mewarnai dapat dipelajari di tempat les mewarnai.

Agar aktivitas mewarnai anak-anak bisa berkembang menjadi prestasi pada bidang seni, sebaiknya orang tua memasukkan anak ke tempat les mewarnai. Di tempat les mewarnai anak-anak diantaranya akan diajari untuk mengenal warna, mengenal macam-macam media pewarnaan dan tentu saja teknik dari masing-masing pewarnaan tersebut. Adapun jenis-jenis alat mewarnai adalah sebagai berikut :

1.       Pensil Warna

Sama seperti bentuk pensil pada umumnya, pensil warna berujung lancip sehingga cocok digunakan untuk mewarnai gambar-gambar dengan detail ukuran kecil. Pensil warna umumnya digunakan oleh anak-anak usia dini yang baru mengenal macam-macam warna.

2.       Crayon

Crayon adalah alat warna yang dapat memunculkan warna yang cerah, kekurangan dari crayon karena ujungnya yang bulat agak sulit untuk mewarnai detail gambar yang berukuran kecil.

3.       Spidol

Bila dibandingkan dengan crayon, warna yang keluar dari spidol lebih cerah dan terang, sehingga gambar yang diwarnai dengan crayon terlihat lebih tegas unsur pewarnaannya.

4.       Cat Air

Mewarnai dengan cat air membutuhkan teknik yang lebih sulit untuk menghasilkan komposisi warna yang sempurna.


Alat mewarnai pada setiap tingkat usia berbeda-beda disesuaikan dengan kemampuan pada usianya. Anak usia 3 sampai 6 tahun di tempat les mewarnai biasanya akan diajarkan mengenal basic crayon. Meningkat pada usia 6 sampai 12 tahun anak-anak berdasarkan perkembangan fungsi motoriknya yang sudah mulai sempurna dapat mulai diajak untuk menggambar dengan crayon. Disaat anak sudah terbiasa menggambar menggunakan crayon dan memahami teknik penggunaan crayon dengan benar, pada usia 12-16 tahun di tempat les mewarnai anak akan diperkenalkan untuk melukis menggunakan cat/acrylic. Tempat les mewarnai yang profesional akan menempatkan setiap level teknik mewarnai sesuai dengan usia anak, sehingga hasil karya lukis yang dapat dibuat oleh anak-anak menjadi lebih sempurna sesuai tingkat usianya.

0 komentar: