Rabu, 27 November 2013

Belajar Melukis – Apa Perbedaan antara Belajar Melukis dan Belajar Menggambar?



Pernahkah Anda memegang sebuah kuas dengan tinta di kedua tangan Anda? Jika iya, apa yang sedang Anda lakukan? Jawabannya tentu sedang melukis sesuatu. Jika Anda merupakan seorang pemula maka Anda sedang Belajar Melukis. Proses menuangkan objek yang diperhatikan kedalam suatu media atau bidang ini bisa disebut melukis. Namun proses ini juga bisa disebut menggambar. Tentunya jelas ada persamaan dan perbedaan antara kedua kata ini yakni antara menggambar dan melukis.

Banyak orang kadang susah untuk membedakan antara menggambar dan melukis. Memang keduanya memiliki persamaan yakni sama-sama menuangkan objek ke dalam suatu media. Namun dalam konteks pengertian sehari-hari, kadang orang salah mengartikan dan membedakannya. Oleh karena ada beberapa perbedaan besar yang dapat digunakan sebagai pembeda yang mencolok dari proses menggambar dan melukis.

Perbedaan Melukis dan Menggambar

Perbedaannya terletak pada alat yang digunakan. Jika seorang pemula yang ingin menuangkan objek dalam suatu media, maka langkah awal dalam belajar adalah menyiapkan peralatan yang akan digunakan. Begitu juga dengan belajar menggambar dan melukis. Jika dalam belajar menggambar maka alat yang digunakan umumnya dengan menggunakan alat atau media kering seperti pensil, pensil warna, bolpoint, crayon, kapur dll. Sedangkan Belajar Melukis menggunakan alat yang bersifat basah misalnya cat air, cat minyak, cat tembok dll. Oleh karena itu, anak SD yang sedang mencoba menuangkan sebuah benda dalam kertas dengan menggunakan crayon, tidak bisa disebut melukis tetapi lebih tepat disebut menggambar.

Selain itu, beberapa orang sepakat bahwa melukis dan menggambar memiliki perbedaan yang terletak pada sisi kreasi. Maknanya adalah jika dalam proses belajar menggambar, seorang pemula akan menuangkan objek yang digambar semirip dan setepat mungkin dengan objek. Ini merupakan proses menggambar. Contohnya jika seseorang akan menggambar kursi, maka dia akan menggambar kursi itu dengan sebernar-benarnya tanpa diberi kreasi dan ekspresi apapun pada gambar kursi tersebut. Sedangkan Belajar Melukis, seorang pemula akan memberikan ide-ide kreatif dalam objek yang sedang diperhatikannya.

0 komentar: