Senin, 02 September 2013

Global Art



Menggambar adalah seni yang sangat menarik untuk dipelajari. Tidak saja melatih kreatifitas, menggambar juga melatih otak untuk berpikir dinamis, mengamati secara rinci, logis, dan juga analitis. Kemampuan itu tidak diperoleh begitu saja sejak lahir, meskipun bakat tetaplah menjadi faktor penunjang. Faktor utama mengapa seorang anak itu pintar dalam melukis dan menggambar adalah karena latihan. Practise makes perfect, adalah ungkapan yang tidak asing bagi kita dan hingga kini masih relevan dipakai sebagai motivasi. Apalagi yang berkaitan dengan seni rupa umum alias global art seperti menggambar.

Teknik adalah persoalan yang bisa dipelajari oleh manusia, tidak terkecuali anak-anak. Yang lebih utama adalah konsistensi dalam berlatih menggambar. Mereka, peserta kursus menggambar, akan bermain sambil belajar. Membuat garis, lingkaran, melukis tanaman, bangunan, hewan dan lainnya adalah sebagian dari apa yang dipelajari. Anak akan mulai dirangsang daya imajinasinya ketika sudah mampu menggores pensil di atas kertas sesuai dengan bentuk yang ia lihat.

Untuk membuat gambar yang benar-benar mirip dengan aslinya, tentunya butuh latihan yang lebih serius lagi. Bermula dari gambar sederhana, meningkat ke level menengah hingga akhirnya mencapai tingkat mahir. Mempelajari global art seperti ini tidak saja butuh konsistensi, tapi juga keseriusan karena kesenian adalah bagian dari ilmu pengetahuan juga. Fokus dan tidak mudah menyerah adalah nilai dasar yang harus dimiliki oleh peserta kursus menggambar.

Memahami global art tentu bukan sekedar mengerti garis dan lingkaran dalam menggambar saja. Karena seni bersifat universal sehingga bahasanya pun juga bahasa yang universal. Anak-anak tidak saja belajar tentang bagaimana menuangkan suatu bentuk 3D ke dalam bentuk 2D, namun juga mengerti tentang bagaimana suatu karya lukis atau ilustrasi bisa mencerminkan suatu karakter tertentu atau mewakili sifat dari benda yang dijadikan objek tersebut.

Kegiatan kursus menggambar bisa menjadi aktifitas yang menyenangkan bagi anak-anak di luar jam sekolah. Apalagi kalau mereka memiliki bakat di bidang tersebut. Karena di industri apapun, keahlian menggambar sangat dibutuhkan. Sebut saja seperti industri perfilman, animasi, fesyen, arsitektur, kontraktor, interior desain dan sebagainya.