Rabu, 11 September 2013

LES LUKIS

Menanamkan kemampuan melukis pada anak dapat ditumbuhkan dengan memasukkan anak ke tempat les lukis. Melukis bukan hanya sebagai wadah penyaluran bakat seni setiap anak, tetapi jauh lebih penting dari itu, dengan les lukis, aktivitas anak untuk melukis secara teratur dan berkelanjutan dapat tersalurkan. Sama halnya disaat anak kita mengikuti les gambar, dengan les lukis juga bisa didapatkan banyak manfaat, karena melukis bermanfaat untuk :

1.       Mengasah motorik halus

Saat anak melakukan aktivitas melukis secara teratur di tempat les lukis rangsangan perkembangan motorik halusnya akan semakin sempurna. Rangsangan perkembangan motorik halus anak dimulai saat anak bisa melakukan goresan dan menghubungkan antara satu goresan dengan goresan yang lain.

2.       Mengasah kecerdasan otak kanan

Manusia yang cerdas adalah manusia yang bisa menyeimbangkan fungsi otak kanan dan otak kirinya dengan sempurna. Kecerdasan otak kanan dapat diasah melalui aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan kesenian, diantaranya adalah melukis. Anak yang mengikuti les lukis mempunyai kesempatan untuk mengasah kecerdasan otak kanannya lebih sering karena terbiasa melakukan aktivitas melukis. Kecerdasan otak kanan akan membantu keseimbangan kecerdasan manusia karena dapat membantu fungsi kerja otak kiri.

3.       Melatih fokus pada pekerjaan

Anak yang terbiasa melakukan aktivitas melukis di tempat les lukis akan lebih terlatih untuk fokus pada pekerjaan. Untuk menghasilkan sebuah karya lukis yang berkualitas, memerlukan konsentrasi tinggi dalam menuntaskan lukisan hingga selesai dan menjadi hasil karya yang berkualitas. Kebiasaan dalam konsentrasi menyelesaikan lukisan hingga tuntas inilah yang akan terbiasa dilakukan anak dalam melakukan tugas dan aktivitasnya yang lain.

4.       Mengasah Kreativitas


Pelajaran menghasilkan karya seni lukis yang didapatkan anak di tempat les lukis akan merangsang anak untuk selalu siap menyalurkan ide untuk dituangkan dalam sebuah karya lukis. Penyaluran ide-ide inilah yang lambat laun akan mengasah jiwa kreatifitas anak, bahkan saat dia melakukan aktivitas lain dalam kehidupannya sehari-hari selain aktivitas melukis. Anak menjadi terlatih untuk mengemukakan idenya karena terbiasa menuangkan ide pada saat les lukis untuk membuat sebuah karya lukis.