Kamis, 12 September 2013

LES MEWARNAI

Aktivitas mewarnai adalah aktivitas yang sangat digemari oleh anak-anak. Mewarnai selain sangat baik untuk mengasah kecerdasan otak kanan anak-anak, juga sangat bermanfaat untuk mengasah bakat seni pada anak kita. Dalam dunia seni, mewarnai bukan hanya sekedar aktivitas menggoreskan warna pada media kertas, tetapi mewarnai juga memerlukan teknik khusus. Teknik mewarnai dapat dipelajari di tempat les mewarnai.

Agar aktivitas mewarnai anak-anak bisa berkembang menjadi prestasi pada bidang seni, sebaiknya orang tua memasukkan anak ke tempat les mewarnai. Di tempat les mewarnai anak-anak diantaranya akan diajari untuk mengenal warna, mengenal macam-macam media pewarnaan dan tentu saja teknik dari masing-masing pewarnaan tersebut. Adapun jenis-jenis alat mewarnai adalah sebagai berikut :

1.       Pensil Warna

Sama seperti bentuk pensil pada umumnya, pensil warna berujung lancip sehingga cocok digunakan untuk mewarnai gambar-gambar dengan detail ukuran kecil. Pensil warna umumnya digunakan oleh anak-anak usia dini yang baru mengenal macam-macam warna.

2.       Crayon

Crayon adalah alat warna yang dapat memunculkan warna yang cerah, kekurangan dari crayon karena ujungnya yang bulat agak sulit untuk mewarnai detail gambar yang berukuran kecil.

3.       Spidol

Bila dibandingkan dengan crayon, warna yang keluar dari spidol lebih cerah dan terang, sehingga gambar yang diwarnai dengan crayon terlihat lebih tegas unsur pewarnaannya.

4.       Cat Air

Mewarnai dengan cat air membutuhkan teknik yang lebih sulit untuk menghasilkan komposisi warna yang sempurna.


Alat mewarnai pada setiap tingkat usia berbeda-beda disesuaikan dengan kemampuan pada usianya. Anak usia 3 sampai 6 tahun di tempat les mewarnai biasanya akan diajarkan mengenal basic crayon. Meningkat pada usia 6 sampai 12 tahun anak-anak berdasarkan perkembangan fungsi motoriknya yang sudah mulai sempurna dapat mulai diajak untuk menggambar dengan crayon. Disaat anak sudah terbiasa menggambar menggunakan crayon dan memahami teknik penggunaan crayon dengan benar, pada usia 12-16 tahun di tempat les mewarnai anak akan diperkenalkan untuk melukis menggunakan cat/acrylic. Tempat les mewarnai yang profesional akan menempatkan setiap level teknik mewarnai sesuai dengan usia anak, sehingga hasil karya lukis yang dapat dibuat oleh anak-anak menjadi lebih sempurna sesuai tingkat usianya.

Les Gambar Jakarta

Lembaga yang menawarkan les gambar saat ini menjamur di Jakarta. Kesadaran orang tua, khususnya di Jakarta dan sekitarnya akan pentingnya menanamkan jiwa berkesenian pada anak telah membuat banyak lembaga berlomba-lomba mendirikan les gambar di Jakarta. Menjamurnya tempat les gambar harus diiringi dengan ketelitian orang tua dalam memilih tempat les gambar yang terbaik untuk anak-anak.

Salah satu tempat les gambar jakarta dengan kualitas yang terbaik adalah Kids Drawing Class.  Kids Drawing Class berdiri tahun 2000, saat ini sudah memiliki 200 orang murid les gambar yang dikelompokan dalam 11 kelas. Lokasi Kids Drawing Class bertempat di daerah Tomang, Jakarta Barat. Keunggulan Kids Drawing Class dibandingkan dengan tempat les gambar jakarta lainnya adalah :
1.       Proses belajar menggambar di Kids Drawing Class dilakukan dengan suasana kekeluargaan, sehingga anak didik menjadi semakin nyaman dalam melakukan proses les gambar. Suasana kekeluargaan seperti ini membuat anak-anak murid di Kids Drawing Class selalu antusias untuk mengikuti jadwal les gambar mereka.
2.       Pengajar gambar di Kids Drawing Class adalah pengajar profesional yang tidak hanya jago dalam bidang seni lukis dan gambar, tetapi juga menguasai cara mendidik yang baik untuk anak-anak. Materi pada les gambar tidak hanya berupa teknis menggambar, melukis atau mewarnai. Tapi disesuaikan dengan perkembangan psikologis dan motorik anak sesuai dengan usianya.
3.       Les gambar jakarta, di Kids Drawing Class berpengalaman dalam merangsang kreatifitas menggambar pada anak. Beberapa program dan event perlombaan menggambar rutin diselenggarakan sebagai wadah penyaluran kreativitas anak sekaligus praktek dari teori yang mereka dapatkan selama proses les gambar. Selain event yang diselenggarakan oleh internal, Kids Drawing Class juga kerap mengikutsertakan anak didiknya pada event-event lomba diluar acara internal Kids Drawing Class. Berdasarkan pengalaman selama ini, banyak anak didik Kids Drawing Class yang menjuarai perlombaan yang diselenggarakan oleh pihak luar tersebut.

4.       Kids Drawing Class kerap melakukan inovasi terbaru dalam dunia gambar dan lukis. Misalnya saja dengan memasukkan pembelajaran menggambar pada media-media selain kertas. Contohnya melukis pada keramik dan media-media lainnya sekalin kertas.