Selasa, 24 September 2013

Belajar Mewarnai – Teknik Belajar Mewarnai dengan Pensil Warna



Manfaat belajar mewarnai untuk anak seperti yang pernah disampaikan dalam artikel-artikel sebelumnya adalah untuk melatih motorik halus anak. Selain melatih motorik halus anak yang sedang bertumbuh, belajar mewarnai juga sangat bermanfaat untuk merangsang daya imajinasi anak kita. Dengan daya imajinasi yang terbiasa ditanamkan dalam diri anak kita sejak dini, akan membuat anak menjadi lebih kreatif dan lebih mandiri karena terbiasa mengembangkan ide-ide nya sendiri tanpa tergantung lagi kepada ide orang tuanya.

Salah satu alat warna yang digunakan untk menggambar adalah pensil warna. Pensil warna adalah alat pewarnaan dengan ujung pensil yang lancip, sehingga mudah untuk mewarnai bidang-bidang yang berukuran kecil, tetapi akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk mewarnai bidang-bidang gambar yang berukuran besar. Walaupun demikian, sebenarnya ada teknik dan trik yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan hasil dan pola mewarnai sesuai dengan yang kita inginkan.

Salah satu teknik dalam proses belajar mewarnai agar dihasilkan hasil pewarnaan yang sesuai dengan yang kita inginkan adalah dilihat dari cara memegang pensil. Pertama, memegang pensil warna seperti memegang pena biasa dilakukan apabila kita hendak menggambar sebuah garis dan mewarnai sebuah bidang gambar yang berukuran kecil. Keunggulan memegang pensil warna dengan cara ini akan membuat hasil warna yang dihasilkan lebih presisi, walaupun terdapat kekuranganya yaitu dapat membuat tangan kita cepat lelah.

Teknik memegang pensil warna yang kedua dalam proses belajar mewarnai adalah dengan cara memegang pensil warna seperti memegang pisau. Cara seperti ini cocok dilakukan untuk mewarnai bidang gambar yang besar. Selain dapat menghemat energi yang dikeluarkan oleh tangan, posisi ujung pensil yang miring pada teknik ini akan membuat warna yang digoreskan menjadi lebih banyak sehingga proses pewarnaan akan memakan waktu lebih sedikit.

Ketiga, kita bisa belajar mewarnai dengan cara memegang pensil warna seperti memegang sekop. Teknik belajar mewarnai dengan cara memegang pensil warna seperti ini sangat cocok dilakukan untuk pensil warna yang sudah pendek agar tetap bisa dimanfaatkan.

Selamat Mencoba!