Rabu, 25 September 2013

Belajar Gambar Anak - Fasilitas Belajar Gambar Anak



Sebagai orang tua, kita pasti merasa senang disaat anak kita berinisiatif untuk belajar menggambar. Selain karena dengan menggambar dapat merangsang pertumbuhan motorik anak-anak juga karena melalui proses belajar gambar anak akan meningkatkan kreatifitasnya. Agar rangsangan keinginan anak untuk belajar gambar dapat teraktualiasasikan dengan baik, sebagai orang tua kita harus mefasilitasi anak kita dengan kebutuhan belajar gambarnya.

Fasilitas yang harus disediakan oleh orang tua dalam rangka mendukung proses belajar gambar anak diantaranya adalah sebagai berikut :

1.       Buku Gambar

Buku gambar adalah media yang digunakan oleh anak untuk belajar menggambar. Buku gambar biasanya tersedia dalam ukuran kertas A4 dan A3. Buku gambar adalah fasilitas belajar gambar anak yang harus diutamakan agar anak tidak menggambar di media yang tidak sepatutnya digunakan untuk menggambar, seperti di tembok rumah atau di perkakas rumah tangga lainnya.

2.       Pensil Gambar, Penghapus Pensil dan Rautan

Pensil yang digunakan untuk membantu anak kita membuat sketsa awal gambarnya sebenarnya adalah pensil biasa yang lazim digunakan untuk kebutuhan menulis lainnya. Ketebalan pensil dapat dipilih mulai dari yang tipis sampai yang paling tebal. Pada umumnya untuk tahapan belajar gambar anak yang digunakan adalah ketebalan pensil standar, yaitu 2B.

Penghapus pensil adalah salah satu fasilitas yang harus disediakan dalam proses belajar gambar anak. Karena dalam proses belajar terkadang anak kita menggoreskan garis atau bentuk yang salah, sehingga dapat dihapus menggunakan penghapus pensil. Sedangkan rautan pensil digunakan untuk memudahkan anak-anak melancipkan kembali ujung pensilnya agar lebih mudah dalam proses belajar menggambar.

3.       Alat Mewarnai

Alat mewarnai terdiri dari beberapa pilihan diantaranya adalah pensil warna, crayon dan cat air. Ketiga macam alat mewarnai tersebut dipilih berdasarkan fungsi dan kegunaan yang berbeda. Sehingga ketiga jenis alat mewarnai tersebut harus disediakan oleh orang tua sebagai fasilitas yang mendukung belajar gambar anak. Pada proses belajar gambar anak, kelebihan yang didapatkan anak kita bertambah dengan adanya alat mewarnai, karena selain belajar menggambar anak juga akan belajar mengenal warna.