Senin, 02 Desember 2013

Les Gambar - Seimbangkan Otak Kiri dan Otak Kanan Anak Dengan Les Gambar



Menggambar adalah proses memasukkan atau menuangkan suatu objek ke dalam media dengan peralatan yang bersifat kering misalnya pensil, crayon, bolpoint dll. Dalam dunia anak-anak, menggambar adalah kegiatan yang telah disukai, biasanya ditambah dengan proses mewarnai membuat mereka makin mengembangkan imajinasi dalam pikirannya. Seiring dengan bertambahnya usia, mempengaruhi kesenangan dalam menggambar. Bagi orang tua yang tidak begitu memperhatikan atau peduli terhadap kemampuan menggambar anak, maka umumnya semakin berkurang kesenangan dalam menggambar. Qkhirnya kemampuan berimajinasinya menjadi agak sedikit susah untuk dikeluarkan dan ditumbuhkembangkan.

Berbeda halnya, bagi orang tua yang peduli terhadap daya imajinasi anak dalam menggambar, umumnya mereka para orang tua akan mengikutkan dalam Les Gambar baik secara privat ataupun secara regular. Yang menjadi pertanyaan apakah ada bedanya anak yang tidak mengikuti Les Gambar dengan anak yang mengikuti? Jawabannya jelas ada. Perbedaan yang umum bagi anak-anak adalah kemampuan mengembangkan imajinasi mereka akan tergantung dari lama dan seringnya mereka melatih imajinasinya dalam menggambar. Anak yang ikut Les Gambar, cenderung memiliki kemampuan berimajinasi yang lebih baik dan tingkat kreativitas lebih tinggi daripada anak-anak yang tidak mengikuti les pada umumnya.

Keuntungan Ketrampilan Menggambar

Mungkin perbedaan tersebut masih bersifat netral dan tidak berpengaruh banyak bagi  dunia pendidikan mereka. Kegunaan lain dari mengikuti sebuah kursus menggambar adalah melatih ketrampilan tangan dan mata. Sering menggambar akan memperhalus dan mempertajamkan tajam dan mata dalam mempersepsikan sesuatu objek. Dengan menggambar juga dapat mempengaruhi rasa estetika dalam pengembangan diri anak-anak sehingga lebih halus indera perasa dalam merasakan keindahan alam sekitar.

 Kegunaan penting lain yang dapat diperoleh dengan sering menggambar dengan kursus adalah penyeimbang antara fungsi otak kiri dan kanan anak. Otak kiri berkembang dengan pembelajaran formal dalam bangku sekolah, seperti matematika, fisika dll. Perkembangan otak kanan dapat ditempuh dengan sering melatih menggambar, karena melatih kemampuan otak kanan untuk berimajinasi dan lebih kreatif. Dengan menggambar juga dapat menaikkan nilai EQ pada anak.