Rabu, 04 Desember 2013

Belajar Mewarnai – Dua Teknik Belajar Mewarnai Dengan Cat Air



Dalam proses melukis diawali dengan menggambar sketsa dengan menggunakan pensil atau alat yang lain dengan goresan yang lembut. Kemudian masuk dalam proses pewarnaan dari sketsa yang telah dibuat. Jika Anda seorang pemula dalam hal melukis, maka Anda perlu belajar tentang cara menggambar dan Belajar Mewarnai.

Awalan untuk memuliai dalam melukis suatu objek maka perlu dibuat sketsa. Dalam pembuatan sketsa, biasa menggunakan pensil. Karena pensil lebih mudah untuk di hapus jika terjadi garis yang tidak sesuai. Dalam menggambar sketsa juga disarankan untuk menggunakan goresan yang lembut agar memudahkan dalam menghapus goresan yang tidak semestinya.

Setelah membuat sketsa, maka langkah selanjutnya adalah Belajar Mewarnai. Untuk memuali pembelajaran ini, perlu diketahui teknik pewarnaan dengan menggunakan cat air (watercolour). Teknik mewarnai dibagi menjadi dua secara umum yakni wet on dry dan wet on wet.

Teknik wet on dry adalah penambahan goresan dan sapuan basah cat air pada permukaan kertas yang kering. Teknik wet on wet merupakan penambahan goresan dan sapuan basah cat air di atas permukaan kertas yang telah dibasahi terlebih dahulu pada area tertentu. Wet on dry digunakan untuk membuat sapuan warna yang tegas, sedangkan wet on wet akan menghasilkan sapuan dengan warna yang menyebar dengan warna yang lembut dan tercampur.

Dalam hal aplikasinya, Belajar Mewarnai dengan dua teknik ini diperlukan alat-alat penunjang seperti kuas cat air, dua jenis warna, toples berisi air untuk membasahi kertas dan kuas dengan cat air dan lap untuk menyerap basah di kuas anda. Teknik wet on dry dimulai dengan menunggu sapuan warna yang sebelumnya harus kering dan kemudian baru ditambah dengan sapuan yang baru sehingga sapuan awal tidak berubah. Sedangkan wet on wet dimulai langsung tanpa menunggu sehingga kertas masih basah oleh sapuan warna pertama kemudian ditambah dengan sapuan yang kedua sehingga mendapatkan warna yang tercampur dan menyebar pada luas yang terbatas pada daerah yang masih basah.