Selasa, 17 Desember 2013

Belajar Gambar - Macam-macam Aliran Lukis Dalam Proses Belajar Gambar



Usaha untuk mengawali Proses Belajar Gambar adalah dengan mengetahui macam aliran yang ada dalam Seni lukis. Dalam dunia lukis terdapat lebih dari lima macam aliran lukis yang umum dan sering dijumpai dalam pameran lukisan. Untuk membedakan ke semua aliran itu memang cukup sulit namun dengan selalu belajar mengetahui maka akan mengenal perbedaan dari macam-macam aliran lukis. Dalam hal ini ada lima macam aliran yang dapat dibedakan dengan jelas

Kubisme

Pada saat Mengawali Prose Belajar Gambar maka yang dilukis adalah bentuk tiga dimensi matematis sepeti kubus dan balok. Sesuai dengan namanya, Lukisan ini termasuk dalam aliran kubisme namun dalam pengertian awal. Aliran ini menggambarkan objek ke dalam suatu bentuk kubu atau balok.
Naturalisme

Aliran ini merupakan penampilan objek nyata dengan latar alam seperti danau, pohon, gunung dan lain-lain. Aliran ini menggunakan pemandangan di sekitar Anda sebagai objek gambar. Aliran semacam ini yang disukai oleh Anak-anak untuk Belajar Gambar. Hal ini terlihat saat Sekolah Dasar yang sebagian besar anak-anak akan menggambar pemandangan jika diberi tugas.

Surealisme

Surealisme merupakan penuangkan objek gambar yang hanya berada di dalam fantasi dan mimpi seseorang sehingga terkadang tidak masuk akan dalam logika pemikirannya. Aliran surealisme jelas jauh berbeda dengan naturalism yang menggambar kedaan alam yang nyata. Surealisme juga tidak terikat bentuk sehingga dapat dibedakan dengan kubisme.

Abstrak

Aliran dengan menggunakan kombinasi warna dan bentuk yang tidak stabil yang tidak menggambarkan obyek dalam dunia nyata. Abstrak ini dapat meyuguhkan objek yang diperkuat dengan penggantian beberapa bentik dengan mengurangi porsinya sehingga membentuk garis, bidang, warna dan unsur lainnya.

Kontemporer

Merupakan cabang seni yang berasal dari seni modern. Kontemporer ini menggambar kondisi saat ini. karena terikat oleh waktu, seni lukis jenis ini selalu berubah menganut perkembangan zaman. Aliran ini berbeda dari abstrak yang tidak menggambar suatu objek yang jelas. Dibandingkan dengan surealisme, terlihat Kontemporer berlawanan arti karena kontemporer menggambarkan objek saat ini, sedangkan surealisme adalah fantasi mimpi yang tidak nyata.