Senin, 23 Desember 2013

Belajar Gambar Terbaik - Membangun Motivasi Anak dalam Belajar Gambar Terbaik oleh Orang Tua Terbaik



Belajar adalah proses seumur hidup. Fase anak-anak merupakan periode emas dalam perkembangan manusia karena pada rentang usia tersebut anak dapat menerima banyak pelajaran. Otak anak lebih mudanh mengingat atau menghafal.

Agar perkembangan anak seimbang antara kreativitas dan daya analisanya, maka kemampuan tersebt harus diasah melalui belajar gambar terbaik. Menggambar bermanfaat bagi anak-anak tanpa melihat adanya bakat maupun tidak.
Motivasi yang bertahan lama
Setidaknya terdapat dua jenis motivasi yang telah diteliti dalam bidang psikologi, yaitu motivasi internal dan motivasi eksternal. Secara nalar, motivasi internal lah yang akan bertahan lama dalam pikiran dan jiwa seseorang karena hadir atas kemauannya sendiri.

Eksperimen Lepper (1973) mengantarkan pada kesimpulan bahwa anak murid dengan memberi tahu adanya hadiah atas pekerjaan anak sebelum diberi sebuah tugas, tanpa disadari akan memperoleh dampak buruk destruktif  karena adanya motif eksternal.

Motivasi eksternal akan mengakhiri hasrat ketika keberadaan sumber motivasi hilang. Motivasi eksternal yang paling sering ditemui adalah hadiah. Sebenarnya, hadiah menghalangi kesadaran akan esensi belajar itu sendiri untuk hadir dalam pikiran anak.

Maka, tugas orang tua adalah membangun motivasi internal dalam mendampingi belajar gambar terbaik maupun aktivitas belajar lainnya sesuai usia tumbuh dan kembangnya.

Upaya orang tua

Dalam mengupayakan terbentuknya motivasi internal dalam konteks belajar gambar terbaik, orang tua dapat memulai dengan memberi pandangan dari sisi positif dari belajar menggambar :

1.    Menggambar akan membuat anak jauh lebih pintar daripada anak yang tidak menggambar. Sehingga, anak akan lebih mudah meraih cita-cita.

2.    Warna warni dalam gambar akan menyegarkan penggambar maupun yang melihatnya. Anak sebaiknya diberitahu bahwa jalan terbaik untuk merasa senang adalah dengan menyenangkan orang lain tanpa mengorbankan kebahagiaan diri sendiri.

3.    Menggambar akan membuat anak disenangi teman-teman. Anak perlu tahu pentingnya teman dalam hidup sebagai pemberi warna dalam hidup.
4.    Dengan menggambar, imajinasi anak akan semakin canggih. Tanamkan pada diri anak bahwa berimanjinasi membantu banyak dalam menghadapi tantangan hidup sekecil dan sebesar apapun karena membantu menjaga kestabilan emosi serta penyelesaian masalah. Sejak dini, ada baiknya anak diajarkan mengenai tanggung jawab dengan sosialisasi yang sesuai dengan karakter anak.

5.    Setelah selesai menggambar sebuah objek, anak akan merasa percaya diri. Aktivitas ini menambah kepercayaan diri. Dengan meresapkan bahwa kemampuan anak akan bertambah melalui menggambar, anak dapat belajar untuk tahu bagaimana mencapai sebuah prestasi dan rasa percaya diri.